Imam lan makmum (pemimpin dan rakyat

(Kajian ttg syarat sah makmum yg di tarik pada dimensi tatanan suatu sistem)
Oleh : kaum santri rifa'iyah pinggiran
Sekeh syarat sah makmum partelane
Iku rolas perkoro tinemu wilangane
Kang Pitu mathlub makmum sarirane
Kang lelimo mathlub imam kelakuane
Ugo syarat sah Ki makmum linakonan

( Kalau kita tarik pada dimensi konsep negara yang mana imam diartikan sebagai pemimpin sedangkan makmum sebagi rakyat, maka sejatinya rakyat adalah seorang yang mulia hal ini berdasarkan kata "Ki makmum". Kata Ki dalam kamus bahasa Jawa diartikan sebagai panggilan seseorang yg di hormati (kamus sastra Jawa  indonesia : Prawiro Atmojo,halaman246), kenapa rakyat mulia? Sebab rakyat mengetahui siapa yg cocok jadi pemimpin)

 kangdihin mathlub makmum wilangan
Ojo ndingini saking adeke imam panggonan
Ing tungka'e arep tinemu tiningalan

(Sebagai rakyat jangan sampai berbuat makar/melakukan sesuatu yg tidak sesuai dasar hukum yg berlaku, oleh sebab itu rakyat wajib melihat serta mengamati kebijakan kebijakan pemimpin hingga kebijakan Paling mendasar)

Kapindo ngawaruhi ing imam lakune
Pengalihe dalem ruku' lan sujud anane
Lan saumpamane karone tinamune

( Proses beralih nya kebijakan pun sebagi rakyat harus mengetahui nya, bukan cuma kebijakan A diganti kebijakan B, namun proses sebab apa kebijakan A bisa menjadi B pun rakyat harus mengetahui nya)

Kapingtelu kumpul imam makmum nggone
Ojo luwih telongatus asto kadohan
(Menurut KH Ali Nahri bahwa seorang pemimpin dan rakyat/anggota harus saling menjalin komunikasi dengan baik. Jangan sampai komunikasi tersebut ada renggang waktu yang lama)

Kaping Pat niyate ati ing imam anutan

(Sebagai rakyat harus patuh dan taat kepada pemimpin sehingga menjiwai di dalam hatinya)

Kapinglimo muwafaqote ing kelakuhan
Sholate imam ora sah kinawaruhan
Asar ing Wong nyolataken mayit anut
Iku seloyo makmum lan imam kasebut

(Jikalau rakyat berbeda halauan dengan pemimpin maka suatu sistem tersebut akan menjadi rusak. Contoh : ketika pemimpin menginginkan A, sedangkan rakyat menginginkan B, tentu hal demikian akan menjadi sebuah konflik didalam nya)

Ikulah panggerane Syara' arep imut
Ngambil fitwane alim adil patut

(Keinginan satu frame pemimpin dan rakyat juga harus berdasarkan musyawarah terhadap empunya/orang yg lebih mengetahui "alim adil")

Kapinglimo muwafaqotono ing Sunnah lakune
Ojo banget ing imam sulayane
Kapingpitu ngari takbirotul ihrom anane
Sawuse takbire imam sampurnane
Wallahu a'lam

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal BARANUSA

Murid-murid KH Ahmad Rifa'i Generasi Pertama.

Nasab dan keturunan syekh Hasan Busyro