Menghidupkan Jam'iyyah Rifa'iyah merupakan salah satu perilaku alim adil

Menghidupkan Jam'iyyah Rifa'iyah merupakan salah satu perilaku alim adil Pepatah Jawa mengatakan "Urip mung mampir ngombe" (hidup hanya sekedar minum). Kalau kita melihat kacamata kehidupan kita, dari bangun tidur hingga tidur lagi, kehidupan kita 80 persen hanya bersifat duniawi saja. Dan hal demikian dilakukan terus menerus hingga tiba saatnya memejamkan mata untuk selamanya. Apakah hal demikian merupakan perilaku orang yang alim adil? Al faqir akan sedikit menjabarkan perilaku seorang yang alim adil. Hadratussyaikh KH Ahmad Rifa'i Al Jawi ( beliau merupakan sosok waliyullah alim adil paro abad 19) telah menguraikan dalam kitabnya Abyanal hawaij juz 4 halaman 899 dengan nadzom Jawa berbentuk Arab Pegon : Ikulah lakune alim adil kang ditut Podo rumekso agamane Allah kang patut Angahino ing maksiyat asor sinebut Iku wong rumekso agamane Allah emut Rumeksane badan lan aqal lan arto Iku ginawe nulungi agomo kacito (Perilaku seorang yang harus di contoh adalah menjaga agamanya Allah (apa saja yang di perintahkan Allah SWT melalui Nabi Muhammad ) serta menjauhi perkara maksiyat (perkara yang dilarang Allah ). Cara menjaganya baik dengan badan/jiwanya, aqal/fikirannya, dan juga hartanya) Al faqir memaknai kata "agama Allah" dengan menganalogikan "Jam'iyyah Rifa'iyah". Karena Jam'iyyah Rifa'iyah merupakan salah satu ormas Islam yang berhaluan ahlussunah wal jama'ah berpegang teguh pada Al-Qur'an hadits ijma'qiyas. Menjaga Jam'iyyah Rifa'iyah merupakan salah satu perilaku seorang yang alim adil. Seseorang yang badannya, fikirannya, hartanya yang digunakan untuk menjaga Jam'iyyah Rifa'iyah harus kita contoh. Para aktivis Rifa'iyah dari masa ke masa, seperti KH Nasihun,KH Ali munawwir, KH Rohmatulloh, KH Yahya, KH Muhammad Saud, KH Syadlirin Amin dll, Beliau semua sejak bangun tidur sampai tidur lagi tak lain untuk berkhidmah kepada hadratussyaikh Ahmad Rifa'i dan menjaga Jam'iyyah Rifa'iyah. Oleh sebab itu, ikut andil dalam Jam'iyyah Rifa'iyah (baik Rifa'iyah, AMRI,UMRI) merupakan salah satu bentuk menjaga Agama Allah SWT. Wallahu a'lam Pekalongan,20 Januari 2018.

Comments

  1. Asalamualaikum.. Salam kenal, nama saya Rifai tinggal di bekasi, saya sudah lama ingin mengenal lebih jauh dengn Warga Rifa'iyah dan ajaran Syekh Ahmad Rifai, dimana saya bisa mengenal lebih dekat dengan Rifaiyah, adakah website resmi atau akun sosmed yg bisa memberikan ilmu atau ajaran2 Syekh Ahmad Rifai? Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Asalamualaikum.. Salam kenal, nama saya Rifai tinggal di bekasi, saya sudah lama ingin mengenal lebih jauh dengn Warga Rifa'iyah dan ajaran Syekh Ahmad Rifai, dimana saya bisa mengenal lebih dekat dengan Rifaiyah, adakah website resmi atau akun sosmed yg bisa memberikan ilmu atau ajaran2 Syekh Ahmad Rifai? Terimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal BARANUSA

Murid-murid KH Ahmad Rifa'i Generasi Pertama.

Nasab dan keturunan syekh Hasan Busyro